Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat di SMP IT Al Qalam Depok

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 30 Oktober 2018
  • Penulis : Rio Wirawan
  • Hits : 86

            Salah satu upaya melaksanakan tridarma dosen yaitu melaksanakan program kemitraan kepada masyarakat, kami yang tergabung dalam tim dosen dari fakultas Ilmu komputer upn veteran jakarta yaitu Rio Wirawan, M Bayu Wibosono, Indra Permana S, Helena Nurramdhani I, ria astriratma, dan Ika Nurlaili melaksanakan program yang bertemakan kewaspadaan akan pemberitaan yang terdapat pada sosial media.

            Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada sekolah SMP IT Al Qalam Depok yang belamatkan di Jln Pemuda, pancoranmas depok. Alasan dilaksanakannya pada sekolah ini menurut Rio Wirawan sebagai ketua pelaksana program kemitraan pada masyarakat ini dikarenakan pada anak seusia SMP adalah usia yang termuda dan dini dalam memulai dan mengenal internet. Dalam usia yang muda akan rentan dalam menerima dan mendapatkan pemberitaan yang berasal dari sosial media. Oleh karena itu perlu dilakukan pemberian pembelajaran dengan maksud meningkatkan kewaspadan akan pemberitaan yang ada di sosial media. Kewaspadaan ini dimaksudkan agar para siswa mawas diri dan dapat menjaga diri dan tidak ikut dalam penyebara berita – berita yang tidak jelas kebenarannya.

Seminar dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2018 yang juga dimaksudkan memperingati hari sumpah pemuda 28 Oktober 1928, sesuai dengan semangat bela negara universitas pembangunan nasional veteran Jakarta dimana warga Negara mempunyai kewaspadaan yang baik dan pertahanan diri dari pemberitaan HOAX. Kegiatan seminar dibagi 3 sesi pembicara yaitu M Bayu Wibisono dengan membawakan materi menyikapi pemberitaan menurut pandangan islam, sesi pembicara kedua Rio Wirawan dengan membawakan materi dan demo website “ayoklarifikasi” sebagai salah satu upaya klarifikasi berita yang ada di dunia maya, dan pembicara ketiga helena nurramdhani yang membawakan materi dan kuis hoax or not, dengan tambahan sesi Tanya jawab dipandu oleh Indra Permana S.

Seminar berjalan dengan antusias oleh siswa siswi smp AL Qalam, apalagi saat sesi pembicara ketiga karena ada bagi bagi hadiah coklat bagi siswa yang dapat menjawab dengan benar hoax atau fakta, dan hadiah bagi yang berani menjawab dan memberi alasan meski jawaban belum benar. Di akhir kegiatan yang dipandu oleh ika nurlaili yang menanyakan kepada perwakilan siswa siswi seputar manfaat dan kegiatan yang telah dilakukan, kemudian siswa memberikan ungkapan bahwa materi yang diberikan seputar pandangan hoax menurut islam dan gema memberikan mengungkapkanbahwa penyebarkan hoax adalah tidak baik menurut islam. Siswi lain yang bernama ami juga mengungkapkan ulasannya bahwa tidak mudah dalam mengantisipasi hoax namun dengan adanya kegiatan ini paling tidak adanya pandangan dan cara pengantisipasi dan sadar perlunya mencerna berita – berita yang ada di sosial media.

foto_bersama_tim_UPN_dan_guru_sekolah.jpeg

Lihat Foto Kegiatan

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

Instagram