Dosen FIK UPNVJ latih guru membuat media ajar berbasis teknologi

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 11 April 2019
  • Penulis : GILANG RIZKI MAULANA
  • Hits : 90

Penerapan Media Pembelajaran interaktif (iSpring) Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Henki Bayu Seta#1, Theresiawati*2, Nurul Chamidah#3

SMPIT Taruna Insani merupakan salah satu lembaga pendidikan fullboard dengan jenjang pendidikan menengah pertama (SMP) berlokasi di desa Sasak Panjang Kabupaten Bogor. Kegiatan pengabdian massyarakat berada di SMPIT Taruna Insani, Sasak Panjang, Bogor. Pengabdian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu pelatihan sebanyak 5 kali dan proses pendampingan. Pelaksanaan pelatihan dimulai pada tanggal 1 April 2019 sampai dengan 10 April 2019 dengan durasi kegiatan 4 jam. Proses pendampingan pembuatan bahan ajar interaktif dimulai pada tanggal 15 April 2019 sampai dengan 19 April 2019. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode learning by doing, dimana setiap peserta dapat belajar dengan cara langsung mempraktekkan.

Kontribusi kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam bidang penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan memberikan pelatihan bagi guru untuk membuat konten bahan ajar berbasis TIK dan memudahkan guru untuk mengupdate bahan ajar di kemudian hari dan mengunggahnya melalui blended learning. Sehingga, guru dapat berperan aktif dalam memahami materi pembelajaran, meningkatkan kualitas dari materi pembelajaran, memberikan kemudahan guru untuk dapat melakukan monitoring pembelajaran dengan konten materi yang lebih menarik. Pelatihan telah dilaksanakan dengan baik, hal ini karena adanya peran aktif peserta pelatihan dan dukungan penuh dari pihak Yayasan Insan Madani. Berdasarkan hasil angket diatas, terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan adanya pembelajaran menggunakan media ajar interaktif sebesar 15.50%  dari 59.69% sebelum guru diberikan pelatihan. Setelah guru diberikan pelatihan dan diimplementasikan ke siswa, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 72.19%.

Puji syukur pada Allah SWT yang telah memberi segala kemudahan sehingga kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berhasil diselesaikan dengan baik. Selain itu perlu kiranya penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga pada :

  1. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
  2. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  3. Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jakarta
  4. Pihak Manajemen dan Guru Sekolah SMP IT Taruna Insani, Sasak Panjang, Bogor

WhatsApp_Image_2019-04-08_at_23.19_.58_.jpeg

WhatsApp_Image_2019-06-10_at_09.30_.52_.jpeg

WhatsApp_Image_2019-06-10_at_09.30_.50_.jpeg

WhatsApp_Image_2019-04-09_at_16.37_.34_.jpeg

Berikut link video kegiatan

https://www.youtube.com/watch?v=rvZpGCeveIQ

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

Instagram