Mahasiswa FIK UPNVJ Berhasil Mengukir Prestasi dalam UNY National IT Competition 2019

  • Terakhir diperbaharui : Minggu, 28 April 2019
  • Penulis : GILANG RIZKI MAULANA
  • Hits : 374

Prestasi kembali ditorehkan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UPN Veteran Jakarta dalam ajang lomba pengembangan perangkat lunak (software development). Kali ini, dalam kompetisi yang digelar oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam serangkaian acara UNYFest #7 yang merupakan peringatan Dies Natalies UNY ke-55.

Tim Socio Green dari FIK UPNVJ yang diwakili oleh Uus Rusdiana (S-1 Teknik Informatika), M. Suyudi Alrajak (S-1 Teknik Informatika) dan Eka Dewi Sisri Listianti (S-1 Sistem Informasi) yang tergabung dalam KSM Android berhasil meraih Juara ke-2 pada kompetisi UNY IT (UNITY) pada bidang lomba Software Development Competition yang bertajuk “Creating a Future Technology by Collaborating Innovation”. Dalam perlombaan ini, tim Socio Green dituntut untuk mengembangkan suatu software sebagai solusi dari tantangan pembangunan yang berkelajutan (sustainability development goals).

socio_green.png

Bersama dosen pembimbing yaitu Ibu Ika Nurlaili Isnainiyah, S.Kom., M.Sc., mahasiswa/i yang tergabung dalam tim Socio Green mempersembahkan sebuah aplikasi berbasis Android bernama Socio Green Challenge hingga ke babak final pada cabang perlombaan UNITY #7 2019. Ajang perlombaan ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dari seluruh Indonesia, antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Telkom, Universitas Teknokrat Indonesia, STMIK Bani Saleh dan masih banyak lagi.

ksm_android.jpeg

andro_1.jpeg

Babak pendaftaran diawali dengan pengiriman abstrak yang diseleksi dari sebanyak 45 tim untuk mendapatkan 18 tim terpilih. Tahapan lomba tersebut kemudian dilanjutkan dengan seleksi full paper dan video mengenai aplikasi hingga tersisa sejumlah 10 tim yang mengikuti babak final di kampus UNY. Babak final selanjutnya dinilai dari presentasi dan implementasi gagasan di hadapan dewan juri serta pemberian soal tantangan baru (challenge) yang dikerjakan selama 100 menit oleh para peserta ketika kompetisi berlangsung. Pada babak final, aplikasi Socio Green Challenge memperoleh sejumlah respon dan tanggapan yang baik dari para dewan juri. Aplikasi ini memiliki sebuah tujuan untuk mengubah gaya hidup masyarakat masa kini demi mewujudkan kualitas udara yang lebih bersih melalui sebuah fitur utama bernama GoGreen Challenge. Fitur ini memungkinkan para user untuk memperoleh poin ketika telah menjalankan pilihan challenges yang tersedia seperti menanam pohon, menggunakan transportasi umum, serta aktivitas lain yang dapat dilakukan kustomisasi disesuaikan dengan kebutuhan pada tiap daerah.

andro_2.jpeg

Aplikasi Socio Green Challenge juga menyediakan fitur berupa informasi indeks kualitas udara (IPU) secara real-time pada tiap kecamatan. Informasi mengenai IPU menerapkan teknologi API Air Quality yang diperoleh dengan upaya kerjasama yang dilakukan dengan organisasi Greenpeace Indonesia, sebuah organisasi yang memiliki misi mulia mewujudkan bumi yang damai dan hijau.

Prestasi ini tentunya semakin menambah deretan prestasi yang telah diraih sebelumnya oleh mahasiswa/i FIK UPNVJ. Berbekal kerja keras dan persiapan yang dilakukan selama beberapa minggu, tentunya menjadi kesan tersendiri bagi ketiga anggota tim yang turut terlibat.

Uus, panggilan akrab Uus Rusdiana sebagai ketua tim Socio Green sekaligus ketua KSM Android periode 2019 ini berharap agar pengembangan aplikasi Socio Green Challenge tidak hanya berhenti sampai disini, serta prestasi yang diraih oleh FIK UPNVJ akan semakin meningkat lagi.

“Suatu kebanggaan tersendiri mengikuti kompetisi UNITY 2019 di UNY dan sangat bangga dapat berjuang bersama teman-teman satu tim. Aplikasi Socio Green Challenge jangan berhenti sampai disini. Bisa dilanjutkan kembali dan juga dikampanyekan lagi.” ungkapya. Uus juga menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendedikasikan waktu dan dukungannya untuk keberhasilan tim. Melalui keikutsertaan dalam berbagai kompetisi, dapat menjadi cara untuk mengharumkan nama FIK UPNVJ di tingkat nasional maupun internasional. 

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

Instagram