KSM Android Gelar Online Workshop Android Development dan UI Development

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 01 September 2020
  • Penulis : GILANG RIZKI MAULANA
  • Hits : 158

Pada masa pandemi seperti ini, kegiatan kemahasiswaan di UPN Veteran Jakarta tidak berhenti begitu saja. Banyak kegiatan yang tetap terselenggara walaupun secara daring. Begitu juga dengan organisasi mahasiswa seperti KSM Android. Pada tanggal 29-30 Agustus 2020 kemarin, KSM Android baru saja menggelar online workshop melalui Google Meet Video Conference dan juga di siarkan secara langsung(live) melalui Youtube dengan channel
android upnvj. Topik yang diangkat pada workshop kali ini yaitu mengenai Android Development dan UI/UX.

Picture1.png

Gambar Tampilan sesi workshop via Google Meet Vidio Converence

Workshop Android Development yang berjudul “Build Simple Notes App Using Kotlin” diselenggarakan pada hari Sabtu, 29 Agustus 2020 dan diikuti oleh sebanyak 42 orang. Workshop tersebut diisi oleh seorang Android Developer yang bekerja di Female Daily Network, yaitu Dimas Prakoso. Dimas Prakoso sendiri merupakan alumni dari UPN Veteran Jakarta angkatan 2014 yang juga mantan anggota KSM Android. Materi yang dibahas pada workshop antara lain mengenai pengenalan bahasa pemrograman Kotlin dan juga praktik pembuatan aplikasi sederhana melalui Android Studio IDE.

Acara berlangsung dari pukul 08.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Bapak Rio Wirawan selaku pembina KSM Android juga turut hadir pada workshop kali ini. Begitu pun Ibu Erly Krisnanik selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama hadir memberikan sambutan.

Picture2.png

Gambar foto bersama pose salam bela negara peserta dan panitia, pembina, dan Pejabat FIK

Workshop UI/UX yang berjudul “Flat Design Implementation on UI Development” diselenggarakan pada hari Minggu, 30 Agustus 2020. Workshop ini diikuti oleh sebanyak 61 orang dengan instruktur seorang Product Designer dari Bukalapak, yaitu Muhammad Ardi Deswanto. Materi yang dibahas pada workshop ini yaitu seputar User Interface dan User Experience diikuti dengan demonstrasi pembuatan UI melalui Figma.

Picture3.png

Gambar Tampilan sesi workshop via Google Meet Vidio Converence

Acara ini dibuka oleh Ibu Ermatita selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta. Workshop berlangsung dari pukul 08.30 WIB hingga 14.30 WIB.

Picture4.png

Gambar Sambutan Dekan Fik Dr. Ermatita, S.kom., MKom

Kedua workshop yang diselenggarakan oleh KSM Android bertujuan mengasah kemampuan peserta dalam mempersiapkan diri memenuhi kebutuhan industri, sehingga materinya pun banyak yang mengutamakan praktik. Untuk mendapatkan sertifikat pun, peserta harus menyelesaikan proyek akhir yang diberikan, sehingga ilmu yang diajarkan benar-benar diterapkan.

Picture5.png

Gambar foto bersama pose salam bela negara peserta dan panitia, pembina, dan Dekan FIK

Informasi